25 Agustus 2009

Gunung Lawu-JaTeng

Sebenernya sih trip ini udah lama, tepatnya dibulan desember 2008. Tapi gak ada salahnya kalau baru sekarang gw tulis catatan perjalanannya. Pesertanya adalah Pravi, Vegi, kochi(kl ya nulisnya gini) dan saya sendiri.

Hari Pertama : 28 Desember 2009
Hari pertama kita ngumpul di rumah dibilangan cipinang. Tepat jam 7 malam kita semua bertolak ke st.Jatinegara dengan menggunakan taksi. Tiba di stasiun, kita masih harus menunggu kereta ekonomi solo balapan yang tiba jam 8lewat. Begitu kereta datang, kita langsung berebut masuk dengan penumpang lain yang memang bejubel. Maklum, saat itu adalah menjelang libur panjang atal dan tahun Baru sehingga banyak orang yang ingin bepergian keluar kota. Saat diatas kereta pun kita tidak bisa langsung ke gerbong tempat duduk yang sudah kita pesan. Kita semua tercerai berai. Baru saat kereta bergerak jalan dan para penumpang sudah tidak seribet ketika naik, maka kita baru menuju gerbong dan mencari tempat duduk yang ternyata sudah ditempati oleh orang lain. Tapi karena kita punya karcis resmi, maka kita 'usir' secara halus. Begitu kita semua sudah berkumpul di bangku, kita langsung tertidur dengan sukses... ihihihihihi.... :)

Hari Kedua : 29 Desember 2009
Pagi2 jam 7 pagi, kereta tiba di st.jebres Solo. Turun dari kereta, kita disambut oleh mas Slamet untuk mengorder tiket balik ke Jakarta. (tengkyu mas Slamet...) Setelah itu, dengan menggunakan dua buah becak, kita menuju terminal bis Tirtonadi. Tiba di terminal, kita sarapan kemudian langsung naik bis Rukun Sayur menuju terminal Tawamangu. Sesampainya di terminal tawamangu, kita berganti angkutan colt untuk menuju ke lokasi Cemoro Kandang. Sesampainya di Cemoro Kandang, jam menunjukan pukul 12an siang. kaena sudah menunjukkan saatnya makan siang, maka kita beristirahat sejenak di warung untuk makan. Setelah selesai makan dan cukup beristirahat, sekitar jam 2 siang kita bergerak untuk perjalanan menuju puncak Lawu.
Jalan via cemoro kandang lumayan landai dengan jalur tanah merah, sehingga tidak terlalu memberatkan. Namun begitu, tetap saja kita ngos-ngosan. Jam setengah empat, kita baru memasuki pos 1 : taman Sari Bawah. Setelah istirahat sejenak, kita melanjutkan perjalanan hingga pos 2 : taman Sari Atas. Karena ketika sampai di pos 2 sudah jam 6 sore, maka kita memutuskan untuk bermalam disini. Untungnya di pos 2 ini ada bangunan seperti rumah sehingga kita bisa mendirikan tenda didalamnya.
Ketika itu, kita bagi 2 tim. Tim 1 saya dan pravi mendirikan tenda, sedangkan tim2 Vegi dan Kochi memasak untuk makan malam. Setelah tenda berdiri dan makanan siap, kita makan malam bersama kemudian masuk ke tenda untuk beristirahat.

Hari Ketiga : 30 Desember 2009
Pada saat bangun pagi, ternyata ada satu rombongan yang hendak turun juga bemalam didepan tenda kita. pada saat tengah bersiap2 setelah sarapan, tiba2 datang rombongan keluagra yang mengendarai kuda untuk menuju pos V. Whuiii...hebad euy naik kuda.... ckckckck... Sekitar jam 9 pagi, kita meneruskan perjalanan. Sepertinya jarak dari pos 2 ke pos 3 cukup jauh, karena kita baru tiba di pos 3 jam sudah menunjukan pukul 1 siang. Dipos 3 kita hanya beristirahat sejenak sebelum kita melanjutkan perjalanan. Tiba di pos 4, jam sudah menunjukkan pukul setengah enam sore. tapi, karena pos 4 ini tempatnya memyeramkan, maka kita langsung melanjutkan perjalanan sampai pos 5. Tiba di ps 5, cuaca amat dingin dan gelap karena memang jam sudah menunjukkan pukul 8 malam. Begitu sampai dipos 5, kita langsung mendirikan tenda dengan tangan yang gemetaran. Begitu tenda sudah berdiri dengan sempurna, kita semua langsung masuk kedalam tenda dan merapihkan barang2 kemudian masak untuk santap malam. Kenyang makan, kita semua langsung tidur untuk mengembalikan tenaga.

Hari keempat : 31 Desember 2008
Saat bangun, hari sudah terang. Selasai sarapan, saya Vegi dan Kochi pergi untuk kepuncak Lawu. Sedangkan Pravi tetap tinggal ditenda guna menjaga barang2. Ternyata jarak antara tempat mendirikan tenda ke puncak lawu tidaklah jauh, kurang lebih sekitar 20menit jalan menanjak. Setibanya di puncak, kami foto2 untuk mengabadikan bahwa kita pernah ke puncak lawu.
Puas foto2, kami kembali ketenda guna bebenah untuk melanjutkan perjalanan turun dari gunung. Ternyata....jarak dari tempat mendirikan tenda ke lapangan hargo Dalam cuma 10 menit..!!! dan ternyata lagi, di Hargo Dalam itu buanyak warung2 yang menyediakan tempay untuk menginap...!! *sigh...engga banget deh... ;(
Untuk jalur turun, kita sepakat untuk melalui jalur yang ke cemoro Sewu. Awalnya sih jalurnya cukup landai dan tidak melelahkan. namun, saat setelah melewati Jalatunda, jalannya menurun dengan undakan2 yang terbuat daru batu. Sungguh melelahkan dan membuat dengkul lumayan sakit dan kram karena harus menahan beban badan dan cerrier yang menempel di badan. Ditengah perjalanan, setelah melewati batu jago, kita diguyur hujan deras. Saat tiba di pos 1, kita terpaksa menginap di warung yang menyediakan tempat bermalam. Bukan karena kemalaman, tapi memang kondisi fisik kita sudah tidak mampu untuk berjalan lebih jauh lagi. Dari pada terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, yaaa lebih baik kita beristirahat.

Hari kelima : 1 Januari 2009
HAPPY NEW YEAR...Pagi ini kita bangun agak pagi. Setelah sarapan, kita siap2 untuk melanjutkan perjalanan turun. Dan lagi2, ternyata jalur turun ke pos cemoro sewu dari pos 1 itu lumayan landai dan enteng karena jalannya bukan bebatuan, tetapi tanah merah padat..!! dan dengan waktu yang cukup singkat, sekitar sejam setengah, kita sudah tiba di gerbang pos cemoro sewu. Begitu sampai, kita langsung menuu masjid terdekat untuk buang air. Setelah itu kita menyewa angkutan colt untuk kembali ke Solo; tepatnya ke rumah pak De di Srengan. Tiba di Srengan pukul satuan siang. setelah itu kita bebersih diri dan makan siang. Sekitar pukul 3 sore, Vegi dan Kochi kembali ke jakarta engan menumpang bis malam yang sudah dipesan oleh Mas Slamet.
Setelah Vegi dan Kochi pulang, saya dan Pravi kembali beristirahat untuk memulihkan tenaga yang hampir habis karena perjalanan yang cukup melelahkan.

Hari Keenam : 2 Januari 2009
Bangun Pagi, mandi dan kemudian bersiap2 merapihkan barang2 untuk kembali ke jakarta. Setelah sarapan Nasi Liwet, saya dan Pravi berpamitan dengan mas Slamet dan Mbak Puji untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta ArgoLawu jam 9 pagi. Sesampainya di Jakarta kita turun di st. jatinegara sekitar pukul 5 sore.
Yippiieee.....alhamdulilah, akhirnya selesai juga trip kali ini. sey ya in another trip..!! :))