07 Oktober 2011

Flash Back - part 1

Sebelum pada akhirnya gw sama suami memutuskan ikut program IVF, kita sudah ke 3 dokter Sp.OG. Pertama kali gw ke Prof. dr. Ichramsjah SpOG di klinik Yasmin RSCM. itu juga karena mama pasien beliau saat menjelang menopause. ge inget banget saat itu sekitar awal tahun 2005, enam bulan setelah gw nikah. Dengan Prof. Iam gw cuma dikasih obat2 penyubur yang pada akhirnya bikin gw gendut sekitar 15anKg dengan sukses..!! Masuk tahun ke dua, sekitar tahun 2006 kira-kira bulan maret (mei?) gw menstruasi selama 2 minggu tanpa henti. Saat di USG, emang penuh dengan darah di rahim gw. Akhirnya dikasih obat buat untuk menghentikan perdarahan. Tapi, seminggu setelah minum obat, gw tetep perdarahan. Akhirnya pas di hari ke 8 setelah minum obat, gw balik lagi ke Prof. Iam. Saat di USG, rahim gw terlihat bersih, tapi tetep terjadi perdarahan. Karena itu, beliau menjadwalkan gw buat dilakukan tindakan esok pagi.

Keesokan harinya, kl gak salah sih hari jumat ya..gw dateng pagi-pagi ke RS Budhi Jaya Tebet. jam 6 pagi gw sama suami udah sampe di RS. Setelah melapor dibagian admission, gw langsung dibawa keruang tindakan. Yang gw inget, saat itu jam 6.30 pagi dan ternyata gak cuma gw sendiri karena ada wanita lain diruang tersebut. Dan gw adalah pasien yang ditindak kedua setelah wanita disebalah gw itu. Gw gak tau gimana prosesnya, tau-tau gw udah sadar diruang pemulihan. Kalau kata suami gw, tindakan yang dilakukan oleh Prof Iam terhadap gw adalah D/C atau Dilation and Curettage. Dan memang ternyata di bibir vagina gw ada polip..wakwaw...Maka diambilah polip gw itu. Setelah pengangkatan polip, Prof Iam juga langsung melakukan hydrotubasi, yaitu menyemprotkan cairan yang berisi obat-obatan melalui saluran servik yang tujuannya untuk mengetahui apakah ada penyumbatan di saluran ketua tuba fallopi. Hasilnya? tentu aja ada penyumbatan, karena tidak semua cairan yang dimasukan berhasil masuk..:( Sedih? ya iyalah...tapi mau gimana lagi? 

Setelah seminggu dw di D/C, gw kontrol lagi. Saat itu Prof Iam menganjurkan gw buat laparoscopy. Selain itu, suami gw dirujuk ke androlog untuk tes sperma, sementara gw disuruh tes darah buat melihat antibodi gw. Semuanya kita jalani kecuali buat laparoscopy nya. Saat itu gw masih trauma dengan tindakan, jadilah gw gak mau operasi laparoscopy..:p 
Dengan Prof Iam, ada kali sekitar 2 tahun gw berobat. karena belum ada hasil dan gw nya juga lama-lama sedikit drop secara mental, akhirnya sekitar tahun 2007 gw stop berobat ke Prof Iam. Sempet juga gw ke dr. Didi Suryadi yang kebetulan adalah bapaknya temen gw. tapi itu juga karena perdarahan gw kumat. Sama beliau sempet diatur lagi siklus menstruasi gw. Konsultasi dengan dr, Didi cuma bertahan sekitar 6bulan aja, setelah itu gw bener-bener gak melakukan konsultsi ke dokter spesialis kandungan manapun.. ;)